Total Tayangan Halaman

Sabtu, 21 April 2007

Mon Meilleur Ami (my Best Friend.) ===> Festival Film Prancis 2007

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
Coste Francois (Daniel Auteull) yang seorang duda satu anak berprofesi sebagai dealer kolektor barang antik digambarkan sebagai sosok yang serius, membosankan dan selalu menilai semua dengan uang. Hal ini membuat dia nyaris tidak mempunyai teman kecuali kolega bisnis apalagi sahabat even anaknyapun tidak suka dengannya. Ketika ditantang rekan kerjanya untuk menunjuk satu temen dekat dan diperkenalkan dengan mereka. Setuju dengan ide tersebut Francois dengan sangat yakin bertaruh dengan Vas Kuno Mesir yang bernilai 200rb Euro dan berjanji untuk menemukan sahabat dalam 10 hari!!! Ternyata menemukan sahabat tidak segampang yang dipikirkan Francois. Berbagai usaha dilakukan dimulai dari membuat daftar temen which is yang dianggapnya sebagai sahabat, tapi mereka menganggap Francois tidak lebih dari seorang kolega bisnis. One Day Francois bertemu dengan Bruno (Dany Boon), sopir taxi , duda dan …Quiz Contestant Wanna Be. Dimata Francois, Bruno adalah sosok yang ceweret karena selalu bercerita tentang hal jadul sepanjang perjalanan kepada penumpangnya. Selain untuk mencari topik Bruno sebenarnya sdang mengahafal kliping yang dikumpulkan dari sejak SMA untuk menjadi seorang kontestant, tapi ga pernah lulus audisi karena penyakit gugupnya.
Kemudian Francois juga tersadar bahwa Bruno adalah pribadi yang sangat ramah, hangat dan selalu mempunyai topik untuk break the ice with stanger. pokoknya He knows how to deal with people well deh. Tanpa disadari Francois, Bruno sebenernya ingin menjadi sahabat dia. Tapi ketika persahabatan mereka baru dimulai Francois malah menghancurkanya dengan ide gila!!


Ide ceritanya sih sederhana, ketika ketika sibuk dengan dunia kita, kerap kita melupakan untuk memberikan personal touch ketika berhubungan dengan sekitar bahkan dengan rekan kerja tak lebih dari sekedar “subjek” yang memang harus mau tak mau diajak bicara. Ya.. seperti Francois yang tidak sadar dan lupa untuk tersenyum pada rekan2 kerja atau untuk menanyakan kabar. Banyak tips2 yang diberikan untuk menjalin sahabat seperti salah satu jargon Bruno Shympaty (Sosiaceable), Smile dan Sincere atau quote dari penceramah yang bilang “sometimes we can buy love but not friendship”

Cukup lucu apalagi ketika usaha Francois untuk menemukan cara mendapat seorang sahabat, mulai dari mencari buku.., menghadiri seminar tentang friendship atau menguntit pasangan sahabat yang sedang hangout di taman atau café sekedar bertanya tips untuk mendapatkan sahabat. Atau menemukan alamat temen kecil ketika berumur 11 tahun kemudian membuntutinya hingga ke mall sekedar ingin mengingatkan kalo mereka adalah temean baek tapi ternyata..:-). Atau ketika Bruno berhasil menjadi kontestant Kuis Who Wants To be Millionaire, Francois malah menjadikan fasiltas “phone a Friend” sebagai ajang curhat dan minta maaf.eh akting gugup Dany Boon oke deh.

Film ini merupakan salah satu film yang diputar pada Festival Film Prancis dari tanggal 13 - 22 April 2007 di berbagai kota termasuk jakarta yang diputar di MegaBlitz, Djakarta XXI, dan Cilandak 21. walau menurut saya gaungnya tak seheboh Jiffest terakhir ini, namun diluar dugaan penontonnya membludak. Ketika Nonton film ini di Djakarta tanggal 21 April jam setengah 7 malam seat paling depan aja nyaris tidak bersisa padahal kita bayar HTM Rp.15rb!!. sering2 aja nih ada festival kayak gini. Walau agak pusing harus baca teks inggris lagi namun jadi inget aja beberapa vocab ketika kursus Bahasa Prancis jaman kuliah dulu.yahh...yah...C'est Bien...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar