Rabu, 05 Desember 2007

Nasi Basi dan Firasat Kematian

Wuih,,serem baca judulnya yah...

Bulan Mei 2005,Bulan  saat Bapak menembuskan nafas terakhirnya terkuak cerita-cerita mengenai firasat kita, anak2nya yang berhubungan dengan kepergian beliau. Well ini memang mitos yang kerap berkembang di masyarakat percaya ga percaya semua kebetulan yang berhubungan dengan firasat kerap dianggukkan sebagai firasat yang berlaku untuk sebuah kematian dan terus terjadi berulang-ulang untuk kematian selanjutnya.

Tanpa bermaksud untuk mendahului dan sok tau tentang kematian firasat kematian cnedrung menjadi pertanda bagi ahli waris untuk kehilangan salah satu anggota keluarga tercinta. Firasat tersebut bisa berbentuk macam2 dari mimpi, atau kejadian nyata. Salah satu mitos yang berkembang adalah mimpi gigi copot atau ada burung gagak yang terbang di atap rumah...(diJakarta ga kejadian kali yah...^_^)

 

Nah back to topic..beberapa minggu sebelum Bapak meninggal, kita serumah dibikin heran dengan nasi yang terus membasi, padahal biasanya nasi yang dimasak pagi tahan untuk sampai dengan pagi esok harinya. Namun dengan beras, cara masak yang sama nasi yang dimasak pagi selalu basi saat siang/sore harinya. Kita pikir ada yang salah dengan magic Jar/Com-nya, tapi setelah diganti  tetap tidak berubah, dan ini kejadian sampe seminggu. Saat itu kita tidak berfikir apa2 , pun ketika  Bapak meninggal pukul 00.30 dini hari secara mendadak dan tidak ada sakit sama sekali (bahkan sebelumnya  bahkan kita masih sempat jamaah shalat magrib)  kita tidak menghubung2an dengan kematian beliau  Seriring waktu *sssahh* kita bercerita tentang firasat sebelum Bapak meninggal. Mostly firasatnya biasa sih seperti Bapak kayaknya dah ”nitip” pesan untuk anak2 dan cucunya which saat itu kita anggap sebagai pesan biasa, atau kebiasaan Bapak yang agak beda dari biasanya dan yang terakhir mengenai kejadian nasi basi itu, akhirnya kita hubung2in kesana karena ternyata memang ada yang kejadian seperti itu.

 

Kejadian itu berulang lagi.., kali ini nasi basi cuma sampe dua kali, namun siuni ternyata agak khawatir  karena mertuanya sedang koma dirumah sakit Hasan Sadikin Bandung, kondisinya up n down. Deg2  plas secara Tanggal 2 Des anak uni mau nikahan. Siuni sampai  ga mau angkat telpon takut ada berita apa2. dan..ternyata.., firasat itu benar..(entahlah percaya ga percaya..).. tanggal 5 Desember 2007  mertua uni, Siti Camil, meninggal dunia di Bandung . Inna lillahi wa inna ilaihi Rojiun.

 

Again...,selain uni  ternyata sebelum kematian beliau, cucunya, uni Res juga mengalami nasi basi kayak kasus kita dirumah. Apakah ada hubungan Nasi Basi dengan kematian? Wallahualam karena itu adalah Rahasia-Nya dan cuma DIA yang tau.

29 komentar:

  1. Kali aja Na.......
    Kita sih belum pernah kejadian begitu......Tapi kalo mimpi gigi copot nggak berarti apa2 deh.....soalnya aku sering mimpi gigi rontok semua ( lebih dari 2x ) tapi nggak ada kejadian apa2 tuh.......^_^

    BalasHapus
  2. yup...agree with u...aku juga merasakan hal yg sama sebelum bapak mertua meninggal mei ini...agak jadi pendiam orgnya padahal di keluarga dia satu2nya org yg paling ceria n kocak sampe aku julukin dia santa claus karna ketawanya yg suka ho ho ho...
    tapi kalo soal gagak mungkin itu ada terjadi di indonesia tapi ga di india...soalnya tiap hari ada belasan gagak hitam yg mangkal dirumah hahaha...udah jadi adatnya org india sini harus kasi makan si gagak itu tiap hari...kalo gita ngusir malah ntar kitanya yg dosa...hehehehe...

    BalasHapus
  3. hmmm .... gitu yaa ....

    ada analisa juga, jika ada orang yg mau meninggal katanya. seminggu sebelumnyakita yang tinggal disekitarnya akan terasa bau bangkai. bener ngak?

    BalasHapus
  4. Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un...

    dulu waktu abangku meninggal, kami gak ada firasat apa2, cuma mendadak jadi ingat dia terus, obrolan terus perginya ke abang yg lagi kuliah di lain kota.
    terus kita juga ketawa mulu asli gila2an gak ada henti yang asli diluar batas normal deh... konon katanya kalo ketawa mulu ntar bakal nangis heboh, eh beneran...

    BalasHapus
  5. sebaiknya mitor yang mentradisi seperti ini ga perlu dibahas panjang lebar, khawatir berpotensi mengotori aqidah...itu yang kami yakini ketika menyikapi kepergian alm ayahanda hingga hari ini....

    BalasHapus
  6. Innalilahi wa inna ilaihi rojiun...ikut duka cita ya dik....seandainya setiap tanda2 kita bisa ngerti maksudnya ya....
    hmmm...dpt masukan ttg nasi basi ni...duuuh....malah jd serem hehehe...

    BalasHapus
  7. ikut duka cita ya Inna, salam buat Uninya..
    ngga cuman di Padang ya Na, tapi di Jawa juga gitu ttg mitos ini..

    BalasHapus
  8. Beda 1 bulan ma mbak yah. Kalo bapak mbak Juni 2005 :(

    BalasHapus
  9. Mudah2an ga yah Mbak Ina. seperti Inna bilang diakhir postingan...Hanya Allah yang tahu rahasia kematian...^_^

    BalasHapus
  10. hmm...bisa jadi mbak, kebetulan yang terjadi berkali-kali dan dibenarkan oleh akal kita. Namun kita tetap yakin kan mbak kalo Allah yang mengengam kehidupan

    BalasHapus
  11. harus yah mbak? gagak itu sebagai simbol apa disana ?

    BalasHapus
  12. hmm.....yah gitu deh Bro, percaya ga percaya..^_^

    oh kalo yang ini inna juga baru tau.

    BalasHapus
  13. hmm...iya, emang ga bagus juga kali ketawa berlebihan yah jeung..

    btw abang yang nomor berapa yang meninggal, masih muda dunk yah Na?

    BalasHapus
  14. makasih Mbak ...

    mungkin ga harus dipercaya yah mbak, namanya juga mitos kebenerannya pun masih dipertanyakan. jadi jangan serem2 yah..

    BalasHapus
  15. iya mbak..Bapak saat itu umurnya 70. Bapak mbak umur berapa?

    BalasHapus
  16. boleh mbak biar nambah masukan,,

    BalasHapus
  17. bisa jadi juga say,tapi mbak yeni sering juga nasi basi padahal barusan dimasak,tapi sebabnya karna suhu dalam ruangan panas.
    Tapi kalo ular masuk rumah,itu udah 4x terjadi dg keluarga kami,dan semua itu benar2 terjadi kita kena musibah.

    BalasHapus
  18. orang indo emang banyak banget begini begitunya say.....hehehehehe.......gw sih enggak percaya ah....enggak ada logikanya :)

    BalasHapus
  19. ada beberapa versi mengenai ini...
    satu adalah percaya akan firasat...
    satunya lagi kata ustadz yang pernah saya berguru, kalau kita mempercayai suatu firasat maka akan terus berulang kejadian yang seolah berhubungan dengan firasat tsb, maka kita lupa bahwa hal tsb adalah setan yang memperdaya kita karena sesungguhnya rencana Allah itu adalah rahasia Allah.

    Kami juga pernah terjebak dalam sugesti macam itu, tapi kaca pecah...
    kalau ada kaca pecah pasti firasat buruk, dan memang ketika kaca pecah selalu ada sesuatu yang buruk menimpa kita...

    Akhirnya setelah berguru panjang, kami semua melepaskan, biar kaca mau rontok semua kita gak bakalan percaya, kita sholat ajah yang lebih banyak...
    Alhamdulillah sekarang tiap ada barang pecah ya pecah ajah ...inshaAllah ya gak ada apa2...
    Ketika kami kena musibah juga inget2 gak ada tuh kaca pecah sebelumnya...
    Waktu pyrex besar saya pecah ya alhamdulillah gak ada yang buruk setelahnya.

    padahal dulu abis kaca pecah selalu ajah ada sesuatu yang buruk setelahnya...

    Kami juga heran kok bisa ya ?

    Nah kalau nasi basi... kita mah langganan apalagi kalau pas summer, apalagi dengamn jenis nasi yang basmati merek tilda...
    walah sehari selamat besokannya basi... gitu mulu ampe sebel...
    inshaAllah bukan pertanda buruk.

    Juga gigi rontok, sering banget gigi kami rontok dalam mimpi, yang ada ketika bangun mengucap dan sholat ...mohon perlindungan Allah...

    Ajal, nasib adalah rahasia Allah...

    Maaf panjang say...

    BalasHapus
  20. setuju sama bu estherlita

    btw, aku kayaknya pernah belajar soal ini deh di pesantren... dan ada doanya agar ga terpengaruh gitu...
    asal mulanya ketika orang arab mau pergi ke luar rumah, dia melepas burung dulu, kalo burung itu terbang ke arah kiri, maka orang arab itu ga jadi pergi, tapi kalo terbang ke arah kanan, maka dia jadi pergi...
    ada doanya, tuh, tapi musti periksa buku kuliah lagi...

    Mbak, aku juga ada pengalaman begini...
    ibu sih ngerasa bapak mau meninggal dengan keanehan2 yang ada, tapi itu baru disadari setelah bapak meninggal... trus aku sendiri juga pernah mimpi, isi mimpinya, seolah aku tahu bapak akan pergi (di mimpi dia masih ada), rasanya tuh ga rela gitu...

    tfs :)

    BalasHapus
  21. Soal kematian mah itu rahasia Allah SWT.Saya mah nggak percaya sama mitos.Dari Allah kita datang kepada Allah juga kita kembali

    BalasHapus
  22. seratus buat Mbak Ratna...

    kira2 orang sana ada yang kayak ginian juga ga Mbak?

    BalasHapus
  23. yup Umi...kematian adalah satu rahasia Allah

    BalasHapus
  24. boleh bagi ilmunya di sini nop, atau kapan2 (setelah dirimu lega dari himpitan deadline) posting yah..

    BalasHapus
  25. tapi kadang mitos Inn....ehmm tapi kejadian juga sama mertuaku..., ga tau deh pertanda atau bukan...wallahualam....

    BalasHapus