Total Tayangan Halaman

Rabu, 20 Oktober 2010

[bangkok-phuket] : Petualangan Mencari Makanan Halal. :D




Apel, Sarikurma, madu, roti, susu beruang dan pop mie merupakan bekal yang saya bawa dari Jakarta menuju  Phuket dan Bangkok untuk jaga-jaga kalau ga ketemu makanan halal. secara saya harus selalu isi amunisi berat tiap pagi maka dengan makanan inilah kemudian saya bertahan *halahh...lebay*. jadi kalau tidak menemukan makanan halal, maka kemudian makanan ini jadi pengganjal sementara sampai ketemu makanan halal.


oh iya, hari pertama menginap didaerah Nanai, Phuket...hotel tempat kami menginap ternyata tidak menyediakan makanan halal.alhamdulillah...persediaan pop mie membantu. ga pedulian deh tuh orang-orang pada ngelirik kita berpop-mie ria. :D

siangnya setelah pindah penginapan didaerah Patong, sambil pusing-pusing keliling kota, mendadak saat perut keroncongan ada bapak2 bawa gerobak makanan pake motor...mengucapkan salam. alhamdulillahh...."sudah makan?" subhanallah pokoknya deh, ngeliat bapak itu kayak dah mau cium tangan bawaannya. hasilnya saat itu kami beli nasi putih, dan roti cane pake cuka cabe (istilah sendiri sih ini) dengan harga 20 bath dan 15 bath. rasanya...not bad lah. :)
sayang makananya ga kefoto.

sebenernya daerah Phuket masih termasuk banyak muslimnya, kami sempat makan siang enak di daerah kohpanyee (termasuk dalam paket tour pha nga bay), cari makanan halal tidak sesulit di Bangkok. Di daerah Rat-U-Thit beberapa kali melihat bapak-bapak bermotor dan membawa makanan halal. macem-macem bentuknya. satu saat saya pernah beli lemper  serta uli yang hargnya cuma 5bath (sekitar 1.500). selain kami beberapa pegawai toko, GH dsbnya langsung mengerubuni sang Bapak bermotor.

disepanjang jalan Rat-U-Thit inipulah banyak seafood2 yang dijual (ga ada tulisan halalnya, cuma pegawai2nya sering ngucapin "salam" dengan lidah patah2 dan sapaan bahasa indonesia yang bikin ketawa), sistemnya kayak dijkt juga, milih2 seafood dan dibumbu sesuai selera. cuma kalo ga pinter2 nawarnya rasanya kok jadi mahal banget yah.
disini kami pernah mencoba makanan seafood yang berlabel halal, kalo beruntung ketemu (tempatnya agak ngumpet dan kecil dibangding lapak yang lain) coba makanan seafood halal Kusuma, masakan Malaysia-Thailand gitu nasi goreng seafoodnya 50bath, bisa buat dua kali makan. hihihi. tapi jangan coba tom yam yah, seafoodnya pelit banget, banyakan lengkuas sama daun serehnya. :D

oh iya, kami juga pernah nyobain masakan halal diresto turki. tomyamnya enak, cuma mahal gila. :D. 200bath satu mangkok. alhasil tuh satu mangkok makan b2.

di Bangkok, perjuangan cari makanana ternyata lebih berat. hihihi. karena tinggal dikawasan bekpek yang emang bule tulen gitu, ga pernah ngarepin ada bapak2 gerobang keliling2 nawarin makanan halal. sempat kami menemukan dipeta makanan halal, ternyata setelah dijabanin resto yang bersangkutan sudah pindah.ha...ha.
2 kali ketemu makanan halal dibangkok yang pertama nasi kebuli di week end market, chatuchak. wadduhh...langsung dibungkus buat makan malam deh tuh nasi. nasi kebuli pake ikan bumbu harganya 70bath. sedangkan kalo pake nasi putih 50bath. rasanya enakk.:)
satu lagi tempat makanan halal kami ketemu tidak jauh dari kawasan Khaosan Road, agak masuk gang...nanya2 ga ada yang tahu makanan halal, pas dibilang islam food langsung deh pada nunjukkin gang sempit menuju mesjid. alhamdulillah......langsung punya bekel juga buat malam. saat itu makan pake ayam saos (paha kecil 2potong) dan nasi putih tambah sayur rebung harganya 40bath. :)

21 komentar:

  1. iya Inna waktu ke sana juga deg2an pilih2 makanan..:)

    BalasHapus
  2. pedagangnya kayak tukang sayur di sini yaa..:)

    BalasHapus
  3. waktu di bangkok aku bersenang-senang dengan vegetarian food, na. enak-enaaakk... :D

    BalasHapus
  4. Inna, masakan halal ala Thai nya susah gak didapat? kalo yg street food itu spt Tom Yam dll halal gak ya?

    BalasHapus
  5. temen nanyain inna kuliner apa aja disanaaaa...., jawabnya gerobak abang2 mbak. hihihi

    BalasHapus
  6. bapak ini ngakunya pernah ke sidoarjo, semarang dan satu lg dimana gitu mbak.
    hihihi...iya, makanan dan camilannya lumayan lengkap mbak. :)
    nasinya pun yang harga 20bath itu pulen banget,

    BalasHapus
  7. travelmateku ragu makanin vege nya Ntie...hihihi.
    saat hopeless itu kita nyangkain halal food itu si vegi gitu tp ternyata pas diliat bule semua...kita ga jadi makanin. hihihi

    BalasHapus
  8. mbak inne waktu diphuket emang banyak seafood bertebaran cuma ga ada label halal..satu2nya yang kami temui seafood tenda yang halal adalah Kusuma food itu di jalan rat-u-thit, yang punya orang malay.
    tp sebenernya sepanjang jalan itu juga ada resto dubai dan turki yang inna bilang (halal)...cuma ga bisa sering makan disana karena budget kita terbatas mbak.:)

    oh iya..., di jungceylon (mall didaerah bangla road) itu ada makanan halal juga, cuma waktu itu kita ga mampir disana. :)

    BalasHapus
  9. foto2nya kog pas abis makan ka ;) lupa yach mau difoto dulu;P

    BalasHapus
  10. he...he, saking lapernya. yang penting makan dulu. :D

    BalasHapus
  11. keliatan udah kelaperannya hihi seruu uni

    BalasHapus
  12. asiiik...kebayang deh langsung di sambut dengan hangat...huehehe...jadinya beli nasi trus apa aja lagi Na?

    BalasHapus
  13. Pengalaman waktu ke hatyai kmaren jg gitu.. Gampang2 susah nyari makanan halal... Di Mc.D nya aja ada menu pork burger :-(

    BalasHapus
  14. Wah, jadi inget jamannya sewaktu kalo ketemu kawan orang Muangthai kudu ngucapin: "sawadhee krap!"
    He he he!

    BalasHapus
  15. Dah ambil piring siap2 mau sarapan di hotel seeka di nanai road itu, begitu lht ada porknya gw lgsung simpen lg tuh piring.. tuh waitress makin heran pas gw bilang"hot water please" sambil nyodorin POPMIE hehehe >_<

    di bangkok hampir kena maaagh akut gara2 nyari lunch yg susahnya naudzubillah, map makanan halal yg qt dpt seputar khaosan road gak update tuh ya. akhirnya sekitar satu jam br dpt tuh warung makanan halal yg nyempil di gang sempit dkt mesjid "^_^

    BalasHapus
  16. asiiikkk.... jd juga makan ya mba hihihi...

    BalasHapus
  17. hihihihi..pucuk dicinta nasi tiba. :)

    BalasHapus
  18. inna beli camilan yang rata2 harganya 5 bath mbak un.mirip2 camilan kita, ada lemper, pisang bungkus daun (lupa namanya). jd bekel saat menuju bkk. lumayan ganjel perut. :)

    BalasHapus
  19. wah...dah lama inna ga denger istilah muangthai pak.
    kalo cewek yang ngucapin ga perlu pake "krap" yah pak. sempet dikasih contekan sama tourguide saat itu. :)

    BalasHapus
  20. kudu lapor ke si singha tuh Ry. sang donatur map. hihihi

    eh tau ga.., Mbak Yuli nelp gw loh. ihh surprise bin seneng banget deh. lumayan ngobrol lama ama inna.

    BalasHapus
  21. hihihi, keliatan yah orang kelaperan.

    BalasHapus