Total Tayangan Halaman

Senin, 01 Oktober 2012

Perkedel Kentang Panggang

ini resep diambil dari resep mbak Ning. lagi ngebujuk ponakan krucil trio R biar rajin makan sayur. tapi yang lahap hanya 2 orang.. aslinya resep mbak Ning ini ga pakai sayur, tapi sengaja inna tambahin jagung dan wortel potong dadu.

Ketakutan bakal gagal adalah karena ini dipanggang, terus terang sampai sekrang masih takut pakai oven listrik sejak kejadian kabel kebakar itu. setengah niat bikinnya karena ga ada daging dan ga ada susu bubuk. mau ganti ama ikan tuna tapi takut amis. last minutes, akhirnya dapet daging cincang ga mau banyak2 karena udah pakai sayuran juga.
kocokan telor juga saya kurangi, walau dikocok 5 butir tapi inna cuma pakai setengahnya. rasanya emang jadi kurang moist, agak kering. besok2 mungkin akan berani masukin 5 butir telor. :D
oh iya, akhnya pakai oven  pinjaman yang kompor gitu.


Ingredients:
500 gr kentang
2 sdm susu bubuk
5 butir telur, kocok lepas
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
3 sdm margarine
1 buah bawang bombai, cincang (saya pakai 7 bawang merah)
300 gr daging sapi cincang (saya pakai 150 gr)--> idem, pakai 150gr
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm kecap asin beraroma (gak pake, gak punya)---> ga pakai juga. :D
100 gr keju cheddar parut (optional)

ngarang tambahan sendiri:
3/4 butir jagung pipih
1 buah wortel ukuran besar

Directions:
- Cuci bersih kentang, kukus matang, kupas, selagi panas haluskan. Campur dengan susu bubuk, telur, garam, merica dan pala bubuk. Aduk rata.
- Siapkan pinggan tahan panas (saya pake loaf), olesi dengan margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
- Panaskan margarin, tumis bawang bombai sayuran hingga layu.Masukkan daging cincang, garam, merica dan kecap beraroma, aduk rata, angkat.
- Campur kentang dengan tumisan daging, tambahkan keju cheddar parut (jika pakai), aduk rata. Tuang ke dalam pinggan, ratakan.
5 Panggang selama 30 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat. Sajikan hangat. dicocol pakai sambel juga maknyus. ;) 


2 komentar:

  1. Balasan
    1. inna pakai 4 saat itu mbak Efin. kayakya bisa dikurangi deh. tp secara ini gede banget dan makannya rame-rame semoga kolesterolnya ga tinggi

      Hapus