Total Tayangan Halaman

Senin, 05 November 2012

[resep] Ketika Bikin Rempeyek Kacang

Jumat kemaren gw mendadak dangdut pengen masak , as always, pengen bikin peyek kacang. pemicunya seperti biasa, ada tetangga sebelah cerita tentang OB lantai bawah yang jualan rempeyek. googling ga terlalu banyak buka link, kecantol sama link disini . karena ga bawa kamera pocket, akhirnya capture layar PC dengan bb bold tua. agak ngeblur tapi masih kebaca. sempet gw tanya tetangga meja sebelah gimana cara goreng peyek yang awalnya gw pikir pakai cetakan. :D

Pulang kantor langsung mampir ke pasar, tujuan utamanya membeli bumbu yang tidak ada:  santan dan daun jeruk. sampai rumahpun jam 5 lewat akhirnya karena penasaran langsung ngegodok bumbu dan bahan-bahan sambil nyontek liat bb.

sukses bikin adonan santannya yang menurut penglihatan gw 400ml gw tahan 20ml, jaga-jaga kalo keenceran. ternyata hasil gorengan pertama agak tebal, akhirnya sisa santan gw masukin semua. gw goreng lagi ndilalah kok rasanya masih tebal aja. selain itu gw agak trouble pas menggoreng. jadi ketika temen gw bilang..."gorengnya taroh di pinggir wajan goreng" , gw mendefinisikan pinggir itu bener-bener pinggir wajan. hahhaha. jadinya gw miring-miringin deh tuh wajan supaya minyaknya sampai pinggir wajan goreng. kemudian tersadar, gw turunin dikit lagi....kira-kira berjarak 5cm dari pinggir wajan eh hasilnya ga jauh beda. akhrinya gw putus asa, kepanasan minta diguyur air. kira2 tinggal 4 sendokan makan lagi, akhirnya adonan gw serahkan ke asrum rumah. Dan gw ngakak menertawakan kebodohan gw ketika melihat si mbak dengan entengnya menaroh guyuran adonan peyek cuma berjarak 2cm-an dari pinggir genangan minyak goreng. hahhaha...

*dan kemudian gw tersadar bahawa salah satu penyebab ketebalan peyek adalah: santan harusnya 460ml bukan 400ml. iyukkk...mare.

** selain catatan diatas, better kacang tanah dimasukan sedikit-sedikit jangan sekaligus untuk menjaga kerenyahan kacang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar