Total Tayangan Halaman

Sabtu, 17 November 2012

[resep] Churros

let's say, pengen bikin churros ini ketika liat Nigella di tv. kayaknya gampang aja.
digoogling cara bikinnya ternyata macam-macam, ada yang pakai susu, susunya 4 or 3, ada yang pakai baking dsb. akhirnya nemu 2 resep yang mirip karena salah satunya adalah temen Multipy, yaitu Mbak Ike, akhirnya ambil resep Mbak Ike tapi memiripkan dengan resep yang dari sini.

yang ga kesampain dari coba resep ini adalah pakai dipping coklat kayak si MBak Nigella. akhirnya memanfaatkan yang ada aja, gula halus (sisa dari belidonat abang2) dan bubuk kayu manis. 
Foto atas: percobaan gorengan ke-2 tips: sabar. :D
foto bawah : gorengan pertama, takut panas, jadi buru-buru aja masukinnya.


Hasilnyaaa...emang enak. simple sebenernya, cuma karena berasa keenceran pas mengeluarkan dari pipigbag, kayalknya dari resep dibawah ini takaran air dan telor better dikurangi deh.
well....

resep saya copas aja yah.

- 75 gr butter -----> pakai mentega
- 250 ml air  -----> hasilnya agak encer, better kayaknya dikurangi
- 1/4 sdt garam
- 140 gr tepung, diayak ----> pakai tepung terigu biasa aja sih
- 3 telur, dikocok -----> agak amis siih yah, kayaknya besok2 mau dikurangi, jadi 2 aja
- 1 lt minyak, untuk menggoreng ----> ga segitu juga sih makenya.
Taburan :
- Gula Bubuk ----> ga punya tapi make yang bekas beliaan dari donat abang2.
- Kayu Manis Bubuk 
komposisi : terserah kalo ga suka manis kayak saya pakai 1:1, ditaruh dalam ayakan teh sekaligus untuk nabur biar tidak menumpuk
Cara Membuat:

  1. Panaskan air, masukkan mentega, garam dan tepung....aduk sampai tercampur rata. tadinya hasilnya agak menggumpal, setelah api dimatikan, akhrinya inna kocok pakai whisk lagi, jadinya lebih halus.
  2. setelah adonan dingin, ini penting yah, biar telur ga matang karena adonan di point 1 masih panas., masukkan sedikit demi sedikit telur yang udah dikocok lepas dahulu.
  3.  kemudian panaskan minyak goreng....sembari masukkan adonan dalam plastik yang telah diberi cetakan Spuit
  4. Masukkan adonan yang keluar dari ujung Spuit langsung ke dalam wajan penggorengan. hati-hati agak panas. ukuran panjang sesuai selera, potong praktis pakai jari aja. 
  5. goreng hingga kuning, tapi pas akhir-akhir ada 2 biji yang saya goreng sampai golden brown, lebih manis dan ga pucat kalo cuma kuning.
Saya pakai spuit dari plastik dan pipigbagnya cuma plastik gula pasir. mengurangi messy di tangan tadi meminyaki tangan biar ga terlalu lengket.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar