Minggu, 03 Februari 2008

Penyebab tipus

Jujur aja, setelah 2 minggu berkutat dengan penyakit ini, masih ada tanda tanya sebenernya penyebab tipus itu apa yah? karena beragam statement yang ditodongkan ke inna pas diopname kemaren mulai dari " jajan sembarang yah"..atau "kecapekan yah" bisa juga " ngebet banget kerjanya buk" or " jangan banyak pikiran Na" yang lebih nuduh lagi..." Stress yah Na?" . sebagian ada yang bener sih. setelah googling ternyata ada yang baru inna tau. sekedar berbagi aja sekaligus petanda kalo inna pernah ngalamin sakit ini, he..he..(segitu bangganya). sumber dari sini

========================================================

Pola Hidup Tak Sehat, Penyebab Demam Tipus

Pola hidup tak sehat jelas mengundang berbagai penyakit. Sayangnya, pola hidup semacam ini identik dengan negara berkembang --termasuk Indonesia-- yang masih berkutat dengan masalah kemiskinan. Salah satu penyakit yang kerap terjadi di negara berkembang adalah demam tipus.

Demam tipus masih menjadi masalah besar di negara berkembang. Penyebab penyakit ini adalah Salmonella typhii, bakteri yang dikeluarkan di kotoran individu yang terinfeksi. Media penularan penyakit ini misalnya seafood atau makanan laut (terutama jenis kerang-kerangan) yang diambil dari air tercemar kotoran, buah-buahan, sayur-sayuran yang diberi pupuk kotoran manusia, dan susu yang tercemar. Lalat, dianggap sebagai alat transportasi andal yang membawa bakteri ini ke makanan.

Gejala khas demam tipus adalah demam terus-menerus, sakit kepala, sukar buang air besar (lebih sering pada dewasa), letih, adanya “rose spot” di daerah dada atau perut, dengan derajat ringan hingga berat.

Gejala ini mulai dirasakan sejak satu hingga tiga minggu setelah terinfeksi bakteri. Seseorang yang terinfeksi dapat menularkan penyakit tersebut dari beberapa hari hingga beberapa tahun. Sekitar dua persen hingga lima persen penderita penyakit ini akan menjadi carrier/pembawa bakteri dalam waktu yang lama.

Sebenarnya, pencegahan penyakit ini tidak terlalu sulit, bila masyarakat mau melakukan pola hidup sehat. Minimal, seperti cuci tangan setelah keluar dari toilet (khususnya sebelum atau hendak mempersiapkan makanan), menghindari meminum susu mentah (yang belum dipasteurisasi), menghindari makan kerang-kerangan (kerang, remis, kepiting dll), dan menghindari minum air mentah.

LYH / Gilang

35 komentar:

  1. Makanya, Na.. Jangan terlalu banyak dipikirin.... Enjoy ajaah! Jadi, kapan kitah jalan2?? Hihihi

    BalasHapus
  2. eits..., ternyata pikiran bukan penyebab loh mbak?

    inna mau bertapa duluw..., ga boleh keluar2 nih. hiksz

    BalasHapus
  3. Ya udah, tar ajah, deh.. Kalo inna dah pulih beneran, kita ke Cilegon yah! Ketempat Kakabet! Gimana?

    BalasHapus
  4. jadi ga enak nih kalo kopdarnya nungguin inna dulu..
    he..he..
    kemaren jadi ketemu kak Bet yah, mana postingannya nih?

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah skrg dah sembuh y mbak ^_^
    Jangan sampe typusny kambuh lg y mbak...

    BalasHapus
  6. alhamdulillah ya dah sembuh...
    saya inget adik saya yang bolak balik kambuh typhoidnya...
    gak tau kenapa tapi widal sering testnya tinggi ajah ...
    ntarsembuh beberapa bulan masuk lagi RS...

    mudah2an Inna bisa sembuh tuntas ya... amien...

    BalasHapus
  7. alhamdulillah Wi..dah mulai mendingan , tapi emang jadi cepet capek yah, lincah dikit aja badan langsung panas..^_^

    BalasHapus
  8. alhamdulillah Buk....makasih doanya.aminnnn
    kata perawat yang dirumkit..., widal itu ada selama setahunan ahkan yang normal alias ga sakit kalo dites widalnya pasti hasilnya juga tinggi Buk, gitu katanya.
    oh ya, inna juga konsumsi obat cacing bentuk kapsul katanya bagus buat ngilangin panas.

    BalasHapus
  9. Inna habis sakit? yaaa..maaf ngga tahu kabarnya Na..
    kalau pernah kena tipus makannya mesti hati2 ya na...

    BalasHapus
  10. Mudah2an nggak kambuh lagi ya, Mbak...
    Anakku Athira udah 3 kali...yg t'akhir makin parah... Na'udzubiLLAH mindzaliik...nggak mo2gi deh...

    BalasHapus
  11. Dari SMP berkutat dengan penyakit ini. Apalagi ketika masa2 kuliah yang pola hidupnya sangat tidak terkontrol, jadilah typhus ini menjadi langganan.
    Tips buat rekan2 yang mengalami hal yang sama :
    Parut 1 buah labu putih, airnya diminum pukul 06.00 Pagi, 12.00 siang dan 18.00. sementara ampasnya dipakai untuk mengompres dada dan ubun2.
    Insya Allah hanya butuh waktu 2 hari sampai semua panasnya hilang.
    Setelah itu tetap belum boleh beraktifitas dulu, nunggu paling lambat seminggu buat pemulihan.
    Semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  12. oo..ternyata kamu sakit toh...cepat sembuh yah na...anyway thanks banget buat penjelasannya penyebab umum dari tipes...aku suka makan kepiting nih..jadi ngeri deh.. ;))

    BalasHapus
  13. salam kenal..... saya juga pernah kena mba... sesudahnya langsung di vaksin.... mdh2an sih gak kena lagi... asli gak enak banget sakit tipus tuh ya... (he he.. yg namanya sakit pasti gak enak lah ya...)

    BalasHapus
  14. itu karena inna makan katupek pake karupuak merah enggak bagi bagi gue... hehehe

    BalasHapus
  15. Inna...................... habis atit ya................. ?!
    deuuh............. kok nggak tahu ya................ maap ya Na.......... soalnya haris juga demam seminggu ini, kena radang tenggorokan...........
    cepet sembuh ya say...........:)

    BalasHapus
  16. iya mbak arie...makasih yah masukannya. ^_^

    BalasHapus
  17. Makasih Mbak Lulu...
    ga enak banget yah sakit ini...(semua sakit kali yah..)
    waduh.., Athira dah 3 kali? kasian yah mbak kita aja yang gede gini kayaknya menderita banget sakit ini palagi anak-anak.. mudah2an Athira juga diberi kesembuhan tuntas yah Mbak..amin..

    BalasHapus
  18. keknya penyakit ini emang ga pandang umur yah Mas.
    makasih banget nih sharingnya. selama ini inna konsumsi obat cacing mas...(masih belum tau nih halal atau ga..)
    kalau buat mulihin tenaga ada tips juga ga mas?lemesnya itu yang ga kuat

    BalasHapus
  19. he..he.., jadi kayak pengumuman gini, makasih yah Mbak.
    Inna juga suka sama udang..baru tau kalo seafood juga jadi perantara yah..

    BalasHapus
  20. salam kenal juga mbak.., makash dah mampir.
    divaksin maksudnya? emang ada yah MBak? infonya lbh lanjut dunk mbak...

    BalasHapus
  21. ya ampun sih Bumil masih aja kesumat..., balik sini, ntar inna kasih krupuk merah satu kaleng..

    BalasHapus
  22. Mbak Yani....pakabar?? dah lama ga liat mbak Yani OL ternyata sakit juga. syafakillah yah MBak.

    BalasHapus
  23. thks dah siggah ya In... jadi pas bulan maret lalu aku kena typus... trus karena bandel, (ngrasa udah sembuh).. setelah dirawat 1 minggu, udah bersibuk ria lagi... jadilah... kumat lagi... dan harus istirahat panjang.. (jadi kudu hati2 ya In..)
    sesudah pulih, saat ngantar anak ke RS... ada program vaksin typus itu... ya ikutan aja.. mumpung diskon 50%.. sepertinya sekitar 150rb (sorry gak begitu pasti)... tapi nanti InsyaAllah aku tanya teman kepastiannya... soalnya kemarin dia baru vaksin juga... tapi coba tanya ke dokter /RS langganan Ina deh, yakin deh pada punya vaksin itu...

    BalasHapus
  24. wah,, aku baru tau na info di atas..thanks yah udah dipost-in..]
    aku juga salah satu "penggemar" typhus..sering banget dulu kena..
    serem juga yah baca yang terakhir : tentang carrier thypus...

    btw, jangan banyak gerak dulu na (kata dokterku dulu gitu)..
    trus minum yang banyak dan sering..
    cepet pulih yah neng..

    BalasHapus
  25. MBak Nani infonya makasih banget yah...., asli inna baru tau ini.
    kalo dah divaksin ga bakal kambuh yah mbak? kenapa kita ga divaksin sejak kecil aja yah, jadinya kemungkinan tipus jadi kecil......

    BalasHapus
  26. makasih ully.....,
    kok penyakit di fans-in sih...he..he..
    bener ly, inna minum sehari bisa 3 botol Aqua gede..., kembung banget deh perut.

    BalasHapus
  27. kalau tidak salah, vaksinnya blum terlalu lama ditawarkan dokter2 kita deh In.... termasuk juga vaksin tuk kanker leher rahim... masih baru tuh... tapi saya blom coba sih... thks dah nge add ya....

    BalasHapus
  28. ohh...gitu yah Mbak..duh makasih banget infonya.
    rencananya sama temen yang pernah kena tifus mo nyari info ttg ini.

    BalasHapus
  29. waaa senangnya yang udah sembuuhhhh..moga ga kena lagi Na..kebanyakanmakan bubur kampium kali...hihihihi

    BalasHapus
  30. sebenernya ngidam Milkshake Strawberrynya mbak Elsye....*mupenk..*

    BalasHapus
  31. terima kasih infonya...salam kenal

    BalasHapus
  32. Mbak anakku br kluar rs 2 hr lalu. Tp skrg panas lg. Aku mau coba kasi obat cacing spt yg mba info. Mudahan cepat pulih.

    BalasHapus