Total Tayangan Halaman

Rabu, 10 September 2008

Ada Yang Tau :Hukum Sunat Bagi Wanita..?

pertanyaan ini sempet saya tanyakan  ke yang lebih tau., dulu.., dulu banget. agak lupa2 inget sama jawabnnya.seinget saya dari segi kesehatan ini sangat dianjurkan, ga tau persisnya seperti apa.begitu jawaban yang lebih tahu ini dulu kepada saya..

nah...saat ini sedang berjuang keras untuk menamatkan The Princess II *suatu saat akan inna review*, pertanyaan ini kembali meyeruak.
yah,..ketika Sunat bagi kaum wanita dipertanyakan kembali disini, ini tradisi sunah atau kewajiban?.
ada alasan-alasan logis yang disampaikan disini walau juga dibumbui pandangan keperempuanan sang penulis. termasuk juga disampaikan kutipan rasullullah
    "ambil sedikit jangan sampai merusak"

ada yang bisa sharing kah?

28 komentar:

  1. buka google ketik "sunat bagi wanita" :)
    *nggak mau repot dot com*

    BalasHapus
  2. yeeeee......
    kalo itu juga bisa mah akyuuuuu.....

    BalasHapus
  3. hukumnya menurut syariat islam, DIANJURKAN.
    tapi jika tdk dilaksanakan jg tdk apa2.
    referensinya saya lupa. coba dicari di BLOG pak syamsul, mbk.
    http://thetrueideas.multiply.com.

    BalasHapus
  4. kalo bisa mah bagus banget.
    tapi kalo gak bisa, minta tulung kriboholic, yah! hohoho

    BalasHapus
  5. ini yang menggangu inna Bu. dikampung perempuan masih disunat.., even di Jakarta pun masih ada yang melakukan.., kalo liat alasannya (dibuku princess II itu)..kok saya jadi miris yah?

    BalasHapus
  6. selama ini yang berkembang menurut pengamatan aku., seolah2 ini wajib..
    gimana yah pelakasanaan di wilayah lain yah?

    BalasHapus
  7. Inna.. Uniq ingat saat jadi EO simposium dokter, lupa temanya apa.. waktu itu kebetulan Uniq kebagian di Slide Counter, tempat para speaker nyetor slide mereka. nah sempat liat bahan dari salah satu speaker yang isinya foto2 sunat wanita.. ihhh ternyata di lapangan itu banyak yg prakteknya salah alias, yg diambil bukan sedikit tapi lumayan banyak (mengerikan bgt gambarnya).. dan ini akan berdampak gak baik lho saat besar nanti..

    BalasHapus
  8. hahahahhaha.. do'ain aja biar inet kntrnya cepat sembuh.. biar gak kribo tuh tangan..

    BalasHapus
  9. setau gw sunat bagi anak perempuan dalam Islam beda sama sunat dalam tradisi Afrika.
    dulu gw pernah baca di tabloid nova kalo gak salah... katanya intinya sih dibersihkan sedikit dibagian kewanitaannya. katanya belakangan ini di indonesia dokter-dokter kalo nyunat anak perempuan cuma dibersihkan aja kok, demi memuaskan orangtua yang sudah terbiasa dengan tradisi.

    kalo dilara sih enggak disunat.

    temen gw pernah nanya ke ustad, trus ustadnya bilang itu sunnah, tapi kalau dikhawatirkan akan berdampak gak baik, sebaiknya jangan dilakukan... gitu.
    temen gw yang lain juga tanya sana sini, kesimpulannya tidak dianjurkan, tapi anak2nya pada disunat semua *itupun susah nyari tempatnya, banyak yg gak mau* karena nenek2nya pada ribut nyuruh disunat.

    ntar kl dapet artikel yg kompeten gw bagi ya na...

    BalasHapus
  10. iyaaahhh..
    ternyata ada efeknya.
    bagusnya disunat kapan Niq? menurut medis *kalau ini ternyata dianjurkan*
    aku inget dulu pas dikampung temen2 disunatnya pas TK gitu..*serem*
    sekarang pas masih baby dah pada disunat yah.

    terus..terus.
    menurut medis sendiri gimana? manfaat atau efek sunat bagi wanita

    BalasHapus
  11. gw baca di novel The Princess II itu....
    ternyata sunat bagi wanita adalah untuk memendam hasrat seksual *maaf* jadi biar ga macem2 gitu Na...gw agak kaget juga kalo ternyata alasannya seperti ini *ini novel bikin gw gemes dari awal*


    ssiippp..
    seingat diriku , dirimu pernah posting juga yah dulu...dulu banget.

    BalasHapus
  12. sunat cewek tu di apain sih..
    masih binun..

    BalasHapus
  13. mmmmm gak kayaknya na...

    kalo masih penasaran, ada beberapa artikel yang bagus menurut gw:
    http://www.islam-qa.com/en/ref/427 dan http://www.jannah.org/genderequity/equityappendix.html
    yang indonesianya: http://tausyiah275.blogsome.com/2006/04/23/tinjauan-sunat-khitan-perempuan-menurut-islam/

    kalo menurut gw pribadi, apakah sunat perempuan itu islami apa enggak, tergantung tujuannya dan metodenya... dan emang ada di beberapa negara yg niatnya buat kayak yang di novel itu, tapi itu gak islami ah kl kata gue... dan itu dijadikan alasan buat orang untuk menjelek2an islam, padahal itu semata2 tradisi aja.

    BalasHapus
  14. gini Mbak..
    maaf kalo penjelsannya jadi agak .....
    Sunat itu klitolis *kalo ga salah istilah nih inna* bagian tengah dari V%$^& itu dipotong puncaknya. dalam prakteknya menggunakan pisau, silet.......
    tapi anehnya dulu praktek dikampung inna dulu itu,.., ga bikin berdarah euy, apa cuma ujungya aja yang sedikit gitu...

    BalasHapus
  15. iyakkk..
    gw gemes banget baca nih Novell...
    tapi penasaran juga sih Na...

    tapi sebenernya dalam novel itu justru agak2 bikin ambigu , disatu sisi dia bilang tradisi tapi disatu sisi bilang juga kalo itu tradisi yang dicontohkan rasull...
    inget temen gw yang gw pinjemin Princess jilid I nya, novel gw nyaris dirobek2..:P

    BalasHapus
  16. saat bagusnya tuk sunat, uniq kurang nyimak waktu itu, soalnya focusnya liat ke gambar2nya, berhubung speakernya dah buru2..

    BalasHapus
  17. The Princess... ambigu... setuju ma uni Ina.. bikin bingung tuh novel, gabungan arab ma barat, tradisi atau sunah, gado2 dah di situ...

    BalasHapus
  18. kudu mantep ilmunya nih baru bisa baca novel itu Fa..
    kadung baca dah sampe buku II juga sih...

    BalasHapus
  19. diriku buat namatin buku I aja penuh perjuangan... :-D.

    semangat mbacanya ya un, ditunggu review-nya ^_^

    BalasHapus
  20. baca buku II lebh agak ademan Fa, dibanding buku I...
    beli buku III nya ga yah?? :-P

    Insya Allah aku review.., hbs lebaran...

    BalasHapus
  21. wew.. kalo tar beli aku pinjem donk Un.., soale cuma punya yg ebook I & II.

    BalasHapus
  22. assalamu'alaikum wrwb.
    maaf ikut nimbrung nic.. emm masalah sunat bagi wanita juga pernah ditanyakan oleh temen2 waktu acara talks show Aa' & mamah dedeh di Bontang kaltim. dan ternyata jawaban mamah dedeh justru menyarankan perempuan disunat. kenapa? maaf.. karena memank betul untuk memendam hasrat seksual yg belum pada waktunya. tidak aneh apabila jaman sekarang banyak "maaf" wanita binal, banyak anak yg perempuan yg masih kecil tp emm gimana yahh istilahnya.. tapi binal/kegatelan gitu. makanya menyunat anak perempuan sangat dianjurkan.. ( meskipun faktor ini tidak 100% ).. dan katanya didaerah perkotaan/jawa islam liberal membujuk para kaum ibu agar tidak menyunat anaknya..
    tp klo dari segi kesehatan bukankah tidak baik juga kalau tidak disunat??

    walahualam...
    maaf apabila tidak berkenan ^_^

    BalasHapus
  23. InsyaAllah, tidak wajib ,mbak :)

    Yang perlu dititikberatkan, jangan sampai caranya seperti khitan ala adat/tradisi Afrika atau Arab, karena dengan cara yang demikian tidak dianjurkan oleh Islam.
    Khitan untuk wanita berbeda caranya dengan khitan laki2.

    Untuk jelasnya, bisa baca di:
    http://uinsuska.info/syariah/attachments/145_Akmal%20Munir.pdf

    dan

    http://tausyiah275.blogsome.com/2006/04/23/tinjauan-sunat-khitan-perempuan-menurut-islam/

    BalasHapus