Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Agustus 2010

[Tanah Abang] Kenalan dulu yuk...:)

Semoga ini membantu, walau sebenernya saya ga terlalu hafal seluk beluk Blok A Tanah Abang, tapi at least saya tahu jalan pulang kalo nyasar. :D
1.    Kenali lantainya.
Kalo liat liftnya lantai tertinggi adalah lantai “A”. dimana posisi mesjid berada. Agak ganjil emang penomeran lantai-lantainya. Yang paling cirri seperti gedung2 penganut hoki2an. Disini adanya lantai 3A, 12A,A instead of 4, 13, dan 15. Lantai terbawah adalah B2 (basement 2) diikuti kemudian B1, SLG, LG, G, 1-12A. jadi kalo mulai masuk dari lobby (lantai SLG) untuk naek ke lantai 1 perlu pindah 3 lantai.

2.    Akses pindah lantai.
menggunakan escalator lebih efiesien untuk pindah lantai dari lantai. Sebenernya tersedia lift ditengah gedung (khusus pengunjung) dan lift samping  (lift barang) deket esklator samping. Mobilitas kedua lift ini sangat lambat. Sekalinya ada langsung. Jadi sebaiknya gunakan escalator, kecuali anda punya waktu banyak untuk nunggu lift. :D

3.    Toilet.
Gw sungguh menyayangkan toilet dengan spray tanpa selang ditoilet pasar ini. Alih-alih jadi kering dan bersih, adanya tuh toilet jadi becek dan cendrung jadi jorok. Kebanyakan pengunjung sering tidak tau cara menggunakan spray ini, walau sebnernya ada petunjuk didinding pintu. Sering kasihan ama janitornya. Kadang sih mereka  keliatan tulus aja sih bersihinnya , tp ga jarang juga mereka sering ngedumel.
Saran : gunakan toilet di lantai2 sepi seperti B1, B2,. Tidak disarankan menggunakan toilet dilantai SLG-G dijam-jam sibuk, selain jorok antriannnya juga lama.

4.    Foodcourt
Lokasi lt:8. Awalnya foodcourt disini menggunakan sistem deposit. Belakangan demi efisiensi waktu ada beberapa counter yang menerima cash.untuk makanan disini sangat lengkap dari yang fastfood, tradisional macem2 daerah. Ga kalah foodcourt mall-mall gitu deh. Harga lumayan mahal tp worth it dengan rasa yang ga mengecewakan. Plusnya Blok A ini juga merangkul pedagang2 kaki lima untuk jualan dengan gerobak mereka. Tampilan lebih bersih dan sedikit..ehm lebih mahal. Walau luasnya dah berapa kali lapangan tetep aja pas jam makan siang rame dan antriannya lumayan. Yang berasa sih antrian mejanya. .
 Saran : untuk makan siang, usahakan sudah di tempat jam 12 kurang. He…he

5.    Mesin ATM
Kalau masuk dari lobby utama, dilantai SLG pojok kiri pintu masuk ada mesin ATM BRI, mandiri, BRI dan Niaga. Lebih komplit lagi ada dilantai B1 dan B2. Setau saya mesin ATM bank Mandiri ada juga dilt. 5 dan 6.

6.   Mesjid Lantai A

posisinya dilantai paling atas.uni pernah parno kesini, saat gempa besar lalu, uni lagi sholat disini, dia merasakan kedoyongan luar biasa saat itu. sampe uni ga bisa gerak dan harus dituntun sama 4 satpam ditangga darurat. antara kasian ama pengen ketawa dngernya. efeknya sampe 2 bulanan uni memeilih untuk ga sholat disini.
selain lantai ini, beberapa lantai meneydiakan t4 sholat dadakan. dadakan karena tempatnya nyempil. yang satu ada di bawah eskalator ujung, posisi deket toilet lt.B2. atau di lt.5, posisintya dekat eskalator ujung los A. atau pilih yang agak lega dan tersedia mukenanya di lantai 3A. posisi deket janitor, los E.

7. Parkir
gw pernah turun dari parkir mobil lt.10 Blok A tanah abang butuh waktu 1,5 jam ke lantai bawah. saat itu bulan puasa. maceeetnya poool. sejak itu anti banget naek2 mobil kalo lagi rame. kalo kondisi normal, ga bulan puasa, parkirnya sih fine2 aja. lega. kendala utama adalah bootle neck di pintu keluar yang macet gara2 arus kendaraan dari sarinah, kebon kacang. pengaturan dari satpamnya dah ok banget, cuma yang namanya macet tetep aja.
saran: bagi yang bawa kendaraan pribadi, sebaiknya parkir disarinah, terus dari sana naek bajaj/ojek aja. paling banter mahalnya 7rb. karena itu deket banget. atau gapapa sih bawa mobil ke blok A asal usahakan dah turun sebelum sore sehingga ga berebutan.

8. Waktu Buka.
tutupnya cuma pas lebaran,17 Agustusan, dan tahun baru. selebihnya tanah ABang buka dari jam 7 (baru sedikit yang buka, rata buka di jam 9 pagi) sampai dengan jam 16:30. untuk hari minggu pemilik toko etnis china rata2 tutup. tapi tetep banyak pilihan kok.mungkin karena sewa yang mahal, rata2 pedagang kejar setoran untuk tutup sewa.

9. Biasakan tau denah.
tiap lantai terdiri dari los-los. los A itu posisinya paling kiri dari sisi dalam lobi...begitu selanjutnya berurutan ke lorong-lorong kanan yaitu Los B, C, D, E (seinget saya cuma sampe E). kalo dah hafal format begini insya Allah ga gampang nyasar.
contoh alamat toko uni: Restu Ibu lt. SLG los B no-10-11. ha,..ha promo bener yah.
jarang yang tau kalo ditanya nama toko doang, biasanya orang akan nanya,...los apa. karena satu lantai aja dah ratusan toko dengan nama yang kadang ada yang sama. :)




(to be countinue...) :D

16 komentar:

  1. klo ke sana selalu cari orang yang udah apal tanah abang

    BalasHapus
  2. info yang jual bahan kiloan dong.....*nglunjak*

    BalasHapus
  3. beuuu.,,, dah hapal tanah jajahan ya na? ;)

    BalasHapus
  4. dah lama In nggak kesini, sekarang lbh suka ke Thamrin Citynya, krn nggak terlalu rame...:)

    BalasHapus
  5. lah Inna kan tiap minggu emang jd preman tanah abang... hehehehheeh

    BalasHapus
  6. lah Inna kan tiap minggu emang jd preman tanah abang... hehehehheeh

    BalasHapus
  7. wah Inna saya belum pernah loh ke tanah abang...:D
    makasih ya sharenya...

    BalasHapus
  8. Kmrn seharusnya waktu ke tanah abang, nanya2 Inna dulu ya... Hehehe..

    BalasHapus
  9. Seeeppp....juragan tanah abang...
    berapa lama nih jadi pemerhati, setiap buka lapak yaaa..
    tq ya inna sangat brmanfaat...

    BalasHapus
  10. Blm pernah ke tanah abang nih... Tfs ya inna...

    BalasHapus
  11. @ Shinta : aha, bener banget itu Shint. :)

    @MBak Rinita : setau ini itu di blok F, keluar dari gedung Blok A nya mbak. masih gedung yang lama deket stasiun gitu. :)

    @ Fetryz : kumpeni dah balik Fet...:D

    @ MBak Yani : iyap, disana juga murmer2 mbak, cuma katanya ga afdol kalo ga ke Blok A tanah abang, dah deket banget gitu.hihihihi

    @ MBak Ari : sama2 mbak Ari. kalo mau kesana, setelah lebaran aja yah mbak, legaan.


    @ Uniq : sekalian belanja di toko uni juga dong Niq. jadi kapan ke jakarta lagi. honeymoon ke 2 mungkin? *kedip2*

    @Iwet : ah iwet mah ga butuh info begini, dah khatam bukan? :D

    @ MBak Dian : sama2 MBak Dian. malah temen MP lain ngajuin buat kopdaran disini, lucu juga kali yah.

    BalasHapus
  12. hahaha beneeer.. parkir mobil di Sarinah, terus naik bajaj ke TA.. selalu seperti itu :))

    BalasHapus
  13. mimpi dulu..kapan lagi bisa ke tanah abang... :p

    BalasHapus
  14. pernah dapat toko yang mau jual kemeja harga grosir tapi bisa milih 12 jenis berbeda.... uhuy bangetz

    BalasHapus
  15. ah pusing, mending ikutan inna aja kl mo ke TA mah ;))

    BalasHapus
  16. tanah abang emang tempat paling favorit.. ngalahin Grand Indonesia daah,, secara gtu loh... bisa beli dengan nawar, pulang senang dan barang bawaan banyak.. hihi,,
    saran,, jangan bawa kendaraan pribadi, bisa stres 7 keliling. mendingan naek angkot atw bajaj.. tinggal turun trus bawa badan deh.. hihi,,,

    BalasHapus