Total Tayangan Halaman

Selasa, 07 Juni 2011

Privacy dan Ruang Publik

Jujur sampai sekarang, masih agak-agak takut moto orang (yang ga dikenal) secara candid (padahl paling demen). Menurut saya dalam keadaan begini lah posisi natural dan refleksi kejujuran. *tssaah*.

Sebutlah ketika ikutan moto-moto pas aksi kepedulian palestine misalnya, atau saat CFD. Sumpah gw nyaris kempat kempot buat ngandid orang. Dengan lensa yang ga proper buat ngandid jarak paling banter 3-5meteran (eh, candid apa pula ini). :p
Kalo dipikir-pikir ulang, kayaknya dasarnya emang ga enakan. Masa pas mau mau moto nikahan atau akad gw paling segen buat ikut wara-wiri di area sakral sama fotografer beneran itu. Pertama ga enakan, kedua: cewek sendiri, ketiga : dikira anak kecil nyasar...:p

Eh,
Nah berbicara mengenai foto candid diruang publik dan ketakutan gw memoto orang, takut aja gitu ntar orangnya tiba-tiba ngelabrak. Pernah sih gw izin seseorang pas mau di foto dari jauh.., kasih senyum gitu deh, basa-basi terus jekrek moto anaknya yang lucu. Reaksi ibunya? : cemburutttt....hahahah. Kapok!
Gw ingat ketika Wib memberikan tipsnya dalam workshop fotostory. Berbincang-bincang dengan subjek foto...terus untuk kenaturalan,tanpa aba-aba,tiba-tiba aja 'jekrek'.

Minggu kemaren gw ikut sesi gratisan sharing seorang sebut KN. Belio ini spesial street fotograpi. Pendekatan yang digunakan hampir sama dengan Wib, ga jarang dia mengambil foto orang dalam jarak sangat dekat. Pake lensa 50mm atau yg fix lebih wide or something, which is yang mengaharuskan dia ga boleh jauh-jauh dr subjek foto! Pernah sih dia ambil kerumunan orang di kapal atau di pasar.

Yang paling bikin gw kaget. Dia memperlihatkan foto seorang cewek memakai rok diatas dengkul, menenteng belanjaan, pake sunglasses, dagu naek. Dia dah siap tuh megang kamera dgn posisi berdiri.ketika jarak 1-2meteran, sang cewek mulai mendekat...sang fotografer tiba-tiba ngambil low angle, posisinya...tiba-tiba jongkok dijarak dia dgn cewek itu mungkin cuma 1meteran. Hahahaha...ngakak dan kagum liat keberanian dia memoto orang begitu.

Bagi KN ini, ruang itu adalah ruang publik, dia berhak memoto siapapun di ruang publik kalo ga mau difoto..yah, dirumah ajalah, jangan bermain di ruang publik.
Gw sedikit bergidik dengan penjelasan ini.

Gw pribadi sih pernah sih difoto dalam jarak 1 meter, sumpah kaget. Itu judulnya lg jalan di depan istana, ada demo mahasiswa gitu, waktu itu gw bawa tas, bawa tempet bekel nasi, pake masker hijau, dan nenteng pocket. Ahh..siapa yang ga tertarik buat moto, he3. Itu cara motonya mirip dgn KN ini, tiba2 aja dia muncul dari samping gw dalam jarak 1-2m. Sumpah, kaget! Tp tetep cool downg. Heheheh.

Eh iya, mau tanya pendapat aja sih, kalo tiba-tiba temen lg jalan or di ruang publik tiba-tiba ada yang motoin, annoying ga sih.? Kalo gw sih..., tergantung hasilnya. Jadi kurusan atau pipi gw keliatan chubby or not. Hehehehe...*kidding*

20 komentar:

  1. tinggal pasang gaya senarsis mungkin aja sih kalo aku hahahaha haahaaaaaaa
    *dasar narsis emang*

    BalasHapus
  2. hihihihi aku pernah tuh dipoto tiba-tiba dari jarak deket
    pas lagi ada acara nasional gitu deh
    nah pembukaannya pake parade yang masing2 daerah pake pakaian adat
    aku khan pake pakean adat Sultra trus dibarisan paling depan
    huwaaaaaaa pas lagi jalan tau2 ada nongol didepanku
    KLIK.... kaget bener deh

    eh abis itu, nyari2 situkang poto, pengen minta potonya
    ndak ketemu hiks
    tau2 besok pagi ntu poto muncul dikoran lokal daerah itu
    huwaaaaaaa maluwwwwwwwwwww

    BalasHapus
  3. iya siy, di ruang publik gak ada larangan moto
    aku suka candid orang terang2an *lho, candid kok terang2an ?*
    maksudnya suka moto orang yg melanggar, ada larangan merokok trus ada orang merokok deket situ. sengaja aja aku jepret, orangnya salah tingkah.
    ada pemberitahuan melepas alas kaki, kok ada orang cuek masuk tanpa melepas sandal, poto aja di depan dia, sebelahan sama plang pemberitahuan :))

    BalasHapus
  4. bagi jurnalis, foto memoto di ruang publik bukan hal yang aneh. siapa pun yang difoto tak pernah dimintai izin. kan itu ruang publik --seperti pendapat KN yang inna sebutkan tadi. kalau misalnya orang itu keberatan atau melabrak, itu sudah menjadi resiko. tapi sejauh ini, aku belum pernah dilabrak orang gara-gara urusan memoto.

    memang, lebih aman kalau pake lensa tele. apalagi pake lensa 200 mm ke atas, mantap tuh. :))

    BalasHapus
  5. aku beberapa kali jadi tukang foto pernikahan. nggak ada tuh orang di kawinan (orang tak dikenal) yang komplen gara-gara difoto. juga di acara lingkungan (RW).

    nah, kecuali kalau foto candid orang tak dikenal itu kita komersilkan (misalnya dijadikan foto iklan), tanpa izin plus honor, pasti lah kita dituntutnya (kecuali kalau ybs tidak tau). :D

    BalasHapus
  6. Wah, saya mau ah belajar ama mbak Inna, ajarin ya mbak

    BalasHapus
  7. saya malu kalau dipoto *umpetin hard disk poto2.. ^^

    BalasHapus
  8. @wib & rahmah: kok bisa janjian sih posenya? *liat kedua headshot. ;)

    BalasHapus
  9. Kak rahmah ga usah ngumpet dr saya.... saya punya bnyk foto kak rahmah kok hehe

    BalasHapus
  10. secara hidup saya dikelilingi kamera yah pasrah aja *nyungsepblebekblebek*

    BalasHapus
  11. hahahhaha....ga heran mah kalo mbak Ari. oops. :p *nunjuk diri sendirijuga*

    BalasHapus
  12. nahh...ga ngubungin korannya Arni?

    BalasHapus
  13. hihihii...amiiin...amin.

    walau ga bawa atribut jurnalis, inna berkali-kali disangkain jurnalis pak. dari media mana..?
    kayaknya yg bawa kamera gedean dikit langsung dikirain jurnalis yah. :p

    BalasHapus
  14. inna lebih ke segennya pak. hehehehe...palagi kadang2 suka "rebutan" spot ama fotografer asli nya. :p

    BalasHapus
  15. hahahhahaha....peressss. *siap2 upload foto narsis rahma*

    BalasHapus
  16. pengen sangat di foto kayak dirimu.. oopps. *gabakat* :D

    BalasHapus
  17. sebagai fotografer, nggak ada istilah segen. biar harus rebutan sama para fotografer profesional maupun amatir. biar pake kamera poket bahkan kamera hp. pede aja lagi. :D

    dulu, foto-fotoku yang dimuat di koran, hasil jepretan kamera poket (waktu itu masih zaman film). pake film hitam-putih pula. :D

    BalasHapus