Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 September 2007

Pernah Anyang-anyangan?...^_^

kalo dah kurang minum,minum dari warteg-an pasti kadang2 suka ngini. sepele dan ringan sih, tapi lumayan ganggu. kalo ibu nganjurinnya minum minyak goreng (ihhh..) tapi sukanya sih  minum air hanget sebanyak2nya. kayaknya cara yang terakhir ini lumayan manjur. nah pas cari2 di goole ada cara lain ternyata...
Caranya : ambil karet gelang, ikatkan pada ibu jari kaki sebelah kiri kemudian tahan selama beberapa saat keinginan buang air kecil. Berbaringlah selama 30 menit, niscaya anyang-anyangan akan hilang dengan sendirinya. (sumber. www.perempuan.com)

 

Terus baca di "Kompas Cybermedia"........

Kasus I: Gagal Ginjal karena Anyang-anyangan

“Apakah sering anyang-anyangan bisa sampai gagal ginjal, Dok? Saya seorang gadis, 22 tahun, sudah tiga kali terserang anyang-anyangan dan sembuh sehabis minum antibiotika. Bagaimana supaya saya tidak sampai gagal ginjal?"

(Ars. Mur, Bogor)

Jawab:

Betul, sering anyang-anyangan bisa berakhir dengan gagal ginjal jika tidak diobati tuntas. Artinya, kuman yang bersarang di saluran kemih bawah (yang bikin anyang-anyangan) dibiarkan menjalar naik ke atas dan masuk ke dalam ginjal.

Infeksi ginjal pada wanita (pyelonephritis) sering berasal dan saluran kemih bagian bawah. Infeksi ginjal yang berat sehingga merusak hampir sebagian besar jaringan ginjal itulah yang bisa berakhir menjadi gagal ginjal.

Maka jangan sampal terus berulang anyang-anyangannya. Mintalah antibiotika sampai keluhannya hilang. Waspada apabila anyang-anyangan kemudian disertai dengan keluhan tidak enak di pinggang, sering demam, mual, dan kencing berubah keruh, tanda infeksi sudah mencapai ginjal.

 

13 komentar:

  1. Wah klo dah merasakan hal itu aku buru2 deh minum yg banyak biar tuntas tuh anyang2annya, soalnya saluran kemihnya ada yg tersumbat, makanya lansung buru2 minum air putih yang banyak...

    BalasHapus
  2. Ternyata anyang-anyangen bisa berakhir bahaya ya...wee...syerem juge ne....dan ternyata anyang2an juga asalnya dari kuman yo....anak kecil bisa kena anyang2an ga ya?

    BalasHapus
  3. bahasa sunda mah "anyang- anyangan" artinya anak2 kecil maen masak2an...

    BalasHapus
  4. asyikkk, nambah lagi vocab sunda Inna..*lagi belajar bahasa2 daerah....^_^

    BalasHapus
  5. Ayo minum air putih yang banyak!!!!....., hummm kalo anak kecil mungkin bisa juga kali yah mbak..

    BalasHapus
  6. yup Rat, cuma kalo dikantor bawaan ngambil minumnya suka maleszzz..^_^

    BalasHapus
  7. Biar tau anak kena anyang2an gmn ya?bis anak2 taunya maiiiiiin ajah hehehe.....

    BalasHapus
  8. Putri suka pipis dikit2 ga mbak??, ..biasanya gejalanya kan geto.^_^

    BalasHapus
  9. ha.ha.ha.h...itu mah anjang-anjangan....maenan waktu kecil, pake daun sama tanah...daunnya diiris kecil2 terus diulek ama tanah....jadi lotek dehhh

    BalasHapus
  10. Reka menyesatkatkan nih.., anjang2an dan anyang2an beti yah mbak elsye? mungkin karena Reka generasi milenium pake ejaan baru "J" diganti "Y"

    BalasHapus
  11. Aku lagi anyang-anyangan nih, apa karena aku abis jatuh dari motor ya...

    BalasHapus
  12. hmm....wah ga tau deh Mas. keknya anyang2an itu infeksi saluran kemih yang penyebabnya minuman..

    jatuh dari motor dan anyang2an ??....

    BalasHapus
  13. biasanya berapa lama sech anyang2an itu terjadi.?

    BalasHapus